My_Inspiration

Just another WordPress.com weblog

KITA WAJIB MEMPERBAIKI DIRI KITA SENDIRI TERLEBIH DAHULU


KITA WAJIB MEMPERBAIKI DIRI KITA SENDIRI TERLEBIH DAHULU

Oleh
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin

Pertanyaan.
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : Apakah penafsiran ayat :

“Artinya : Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu ; tiadalah orang yang sesat itu akan memberi mudharat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk” [Al-Ma’idah : 105]

Dan bagaimana pendapat Syaikh tentang ini ?

Jawaban.
Perkataan kami tentang (ayat) tersebut adalah seperti yang dikatakan Allah Subhanahu wa Ta’ala ; bahwa sesungguhnya Allah memerintahkan kita untuk memperbaiki diri-diri kita, dan agar kita menjaga keshalihan kita, dan jika tersesat siapapun yang tersesat dari kalangan manusia maka hal itu tidaklah mendatangkan mudharat, sebagaimana yang dikatakan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada NabiNya Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Artinya : Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan. Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka, tetapi orang yang berpaling dan kafir, maka Allah akan mengadzabnya dengan adzab yang besar” [Al-Ghasyiyah : 21-24]

Seorang insan jika ia mendapatkan petunjuk maka orang yang durhaka tidaklah akan mencelakainya, namun jika manusia tidak mengubah kemungkaran maka dikhawatirkan Allah akan meratakan adzab dariNya kepada mereka, sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

“Artinya : Dan peliharalah dirimu daripada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaanNya” [Al-Anfal : 25]

Mereka para pelaku maksiat itu tidak akan mendatangkan mudharat kepada anda ketika di akhirat, mereka tidak dapat mengurangi (pahala) kebaikan-kebaikan anda atau menambah dosa-dosa anda. Kecuali jika anda telah melalaikan kewajiban dakwah kepada Allah, dan amar ma’rif serta nahi mungkar, maka hal tersebut tentu saja akan mencelakakan anda, mudharat itu tidak berasal dari mereka namun justru dari diri anda sendiri.

Karena anda belum melaksanakan kewajban hingga dapat dikatakan bahwa anda belum mendapat petunjuk, karena Allah mempersyaratkan dengan mengatakan.

“Artinya : Tidaklah (dapat) mencelakaimu orang yang tersesat apabila engkau mendapat hidayah” [Al-Ma’idah : 105]

Sudah dimaklumi, bahwa orang yang meninggalkan amar ma’ruf, nahi mungkar dan dakwah kepada Allah yang wajib itu adalah sungguh belun mendapat petunjuk dengan sempurna.

[Disalin dari kitab Ash-Shahwah Al-Islamiyah Dhawabith wa Taujihat, edisi Indonesia Panduan Kebangkitan Islam, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, terbitan Darul Haq]

December 4, 2008 - Posted by | spirit

1 Comment »

  1. bismillah
    Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
    Ndi, tahu nggak kalo seekarang ana seneng…..banget lihat antum merujuk kepada para ulama ahlus sunnah. Subahanllah, ana cinta Antum karena Allah dan di jalan Allah, Ndi.
    Dari SMP kita temenan, SMA juga, dan kini ana saksiskan blog antum penuh perkataan dan ilmu dari ahlus sunnah wal jama’ah. Aku bener2 nggak nyangka bahwa hidayah itu kini bener2 bersemai dalam hatimu, Ndi.
    Barakallahu fiikum. Semoga Allah mengokohkan antum di atas manhaj ahlus sunnah sampai kita punya istri, anak, cucu, bahkan hingga kita mati, Ndi.
    Kita akan tetep temenan, cuma sekarang aku lebih seneng banget temenan ma kamu karena kamu sudah menjadi seorang ahlus sunnah (Insya Allah, itu yang kuharapkan darimu sejak dulu aku pinjemi kamu majalah seputar gambar…. karena aku lihat semburat wajah kebaikan dalam dirimu)
    Tapi, afwan Ndi. AKu kehilangan nomer Hp kamu. Boleh minta?
    Eh iya, kapan2 ana mau maen ke rumahmu, kapan selo? Mau mabahs pendidikan adek2 SMA…
    Barakallahu fiikum
    Ndi, bener2 seneng………aku
    Salam hangat dari sedulur dan koncomu, Hanif Abu Hanif Pery…
    Wallahu muwaffiq
    http://www.hanif-aljawi.co.cc

    Comment by hanif019 | December 16, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: