My_Inspiration

Just another WordPress.com weblog

sabar


Sahabat… Sering kali kesabaran kita diuji,… terlebih pada bulan Ramadhan ini… !!! Di Al’Quran sendiri puluhan ayat membahaz tentang sabar ini… !!! Bahkan Rasulullah SAW bersabda “Ash-shabru nish ful imaan” yang berarti Sabar itu separuh iman…!!! Bahkan puasa yang sedang kita jalankan itu adalah baru separohnya sabar… !!! Sebagaimana sabda Rasulullah SAW “Ash-shaumu nishfush-shabri” yang berarti Puasa itu separoh sabar… !!! Yaagh kalau dipikir-pikir ya bener… kita puasa saabaaar menahan lapar dan haus… !!! Lagi pas buka makan di warung… minuman / makanan nggak dateng-dateng… yoo sabar… !!! Lagi paz maceeet pun… yaagh berlatih kesabaran.. padahal kita pengen cepet pulang… untuk berbuka… !!! D

Bahkan Allah SWT selalu bersama orang-orang yang sabar… !!! Sebagaimana firman Allah SWT pada Qs. Al Anfal ayat 46, “Wash biruu innal-laaha ma ash-shabiruu” yang berarti Hendaknya kamu bersabar, sesungguhnya Allah itu bersama orang-orang yang sabar …!!! Nagh orang-orang yang kuat sabarnya alias ahlu’sh-shabri dibedakan atas 3 maqam : (i) Pertama : Meninggalkan nafsu-syahwat, dan ini adalah derajat orang-orang yang tobat. (ii) Kedua : Ridha dengan yang ditakdirkan Allah SWT. Ini adalah derajat orang-orang zahid alias orang-orang yang bersifat zuhud. (iii) Ketiga : Suka kepada apa yang diperbuat Allah SWT, dan ini adalah derajat orang-orang shiddiq (aash-shiddiqin).

Gue teringat mengenai hal kesabaran… kisah Nabi Musa a.s dengan Nabi Khidir a.s, dimana Nabi Musa a.s ingin ikut bersama dengan Nabi Khidir a.s agar dapat diajarkan ilmu-ilmu yang diajarkan Allah SWT kepada Nabi Khidir a.s. Apa yang dikatakan Nabi Khidir “Engkau tidak akan sabar ikut bersamaku” sebagaimana tertera pada Qs. Al Kahfi ayat 67. Dan sampai dengan ayat ke 82 dijelaskan bagaimana sulitnya Nabi Musa a.s untuk menahan agar tidak bertanya kapada Nabi Khidir mengapa ia lakukan hal tersebut… !!! Apa yang dilakukan Nabi Khidir a.s … sehingga Nabi Musa a.s .. nggak bisa sabar dan nggak bisa menepati janjinya untuk tidak bertanya kepada Nabi Khidir a.s,… silahkan buka Al’Quran dan mulailah mengaji.

September 11, 2008 - Posted by | Spiritual

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: